Headlines News :
Home » , » Kultwit Tulisan Dr Hamid Fahmy Zarkasy: Pluralisme, Oleh @INSISTS

Kultwit Tulisan Dr Hamid Fahmy Zarkasy: Pluralisme, Oleh @INSISTS

Written By Unknown on Kamis, 29 November 2012 | 00.00

Islamedia - 1. Pluralisme oleh: Dr Hamid Fahmy Zarkasyi #intwit 12 Muharram 1434/26 November 2012

2." Our goal is a Christian nation. We have a Biblical duty, we are called by God, to conquer this country. #intwit

3.We don't want equal time. We don't want pluralism�.Randall Terry, Founder of Operation Rescue. #intwit

4.ITULAH sekelumit cetusan hati seorang penganut Kristen. Randall mungkin terlalu keras dan dicap intoleran. #intwit

5.Tapi apa salahnya orang berdakwah jika itu perintah. Mestinya, dalam masyarakat yang plural, pernyataan Randall adalah jamak. #intwit

6.Mestinya Randal pernah baca tulisan Akbar S Ahmed tahun 90-an �Postmodernisme dipicu oleh semangat pluralism�. #intwit

7.Tapi kini Randal merasa pluralisme bagai orde zaman postmo. Sebab ia memiliki rencana, bala tentara dan dana. #intwit

8.Dipromosikan pada area sacred yakni agama, dan profane yakni masyarakat luas. #intwit

9.Ini merupakan kelanjutan proyek Barat modern yakni sekularisasi. #intwit

10.Pengembangan paham pluralism pada masyarakat modern, Peter Berger (1967) membantu proses sekularisasi. #intwit

11.Padahal pada kesempatan lain dia pernah menyatakan sekularisasi umat Islam telah gagal, kini sebagai gantinya adalah pluralism. #intwit

12.Tidak hanya merupakan program ganda, pluralisme pun merupakan kata bersayap. #intwit

13.Terkadang bermakna toleransi dan di saat lain berarti relativisme. #intwit

14.Dalam �Religious 'Pluralism' or Tolerance?" Robert E. Regier & Timothy J. Dailey, #intwit

15.juga tegas bahwa banyak org hari ini yg dibingungkan oleh istilah toleransi keagamaan tradisional Barat dgn pluralisme agama. #intwit

16.Yang kedua berasumsi semua agama adalah sama-sama valid. #intwit

17.Ini menurutnya menghasilkan relativisme moral dan ketidakberaturan etika (ethical chaos). #intwit

18.Tokoh Katholik yang lain Rick Rood menulis: #intwit

19.�Pluralisme agama adalah pandangan bahwa semua agama adalah sama-sama benarnya sebagai jalan menuju Tuhan� #intwit

20.Perbedaan antara agama hanyalah permukaan; semua menuju pada tujuan yang sama. #intwit

21.Inilah sayap pluralism, yang kiri toleransi dan yang kanan adalah relativisme. #intwit

22.Pandangan relativis juga ada dalam pikiran Diana L Eck, pimpinan proyek pluralisme Amerika. #intwit

23.Agama-agama dan pandangan hidup sekuler adalah sama benar dan validnya. #intwit

24.Benar jika dilihat dari dalam kulturnya sendiri. #intwit

25.Maka dalam strategi Diana L. Eck., dalam "The challenge of pluralism," pluralitas digandengkan dengan pluralism. #intwit

26.Sebab pluralitas saja tidak cukup, seorang pluralis harus terlibat intens. #intwit

27.Artinya mengakui pluralitas agama tidak cukup, mestinya mengakui realitas kebenaran agama-agama. #intwit

28.Itulah target program pluralisme. #intwit

29.Pengertian Diana didukung Ronald Thiemann. #intwit

30.Dalam buku Toward a Confucian Pluralism: Globalization in Dialogue ia jelaskan #intwit

31.bahwa pluralism itu adalah keyakinan bahwa kebenaran keyakinan kita tidak terbukti dengan sendirinya (self evident). #intwit

32.Ini bukan berarti tidak punya bukti, tapi bukti kita tidak bisa meyakinkan orang yang tidak setuju. #intwit

33.Seorang pluralis juga harus yakin bahwa orang yang tidak setuju dengan kita juga rasional. #intwit

34.Artinya seorang pluralis harus mengakui rasionalitas atau validitas agama lain. #intwit

35.Pandangan Ronald jelas sekali relativistis, tapi Ronald berkilah, itu bukan relativis. #intwit

36.Sebab pluralis tidak memaksa orang lain percaya, katanya. #intwit

37.Kita bisa saja punya bukti kebenaran yang kuat, lanjutnya, tapi itu tidak akan memaksa orang lain percaya keimanan kita. #intwit

38.Tapi tidak semua sepakat dengan pandangan yang pro pluralisme. #intwit

39.Kalangan gereja telah lama gerah dengan paham pluralism. #intwit

40.tdk heran jk Dr.Dawe Robert L.Dabney dlm Christian Century 12Mei,1982 mnulis bahwa gaung pluralisme tlah memasuki ruang2 gereja. #intwit

41.�Namun pemahaman kita cenderung sosiologi daripada teologis,� tulisnya. #intwit

42.Mnurut profesor teologi sistematis di Union Theological Seminary,Richmond, Virginia it pluralism mpunyai 2 sisi negatif-positif. #intwit

43.Di satu sisi gereja harus terima berbagai pandangan, baik konservatif ataupun liberal, #intwit

44. yang alim atau yang brengsek, feminis atau tradisionalis, aliran kiri atau kanan. #intwit

46.Dalam sebuah interview tahun 1998 teolog Anglican John Stott tegas menyatakan #intwit

47.pluralism adalah m'akui kbenarn stiap agma,&menolak untk memilih di antara smua agma at jg mnolak pnyebarn Kristen (evangelisme). #intwit

48.Lebih telak lagi pernyataan rekannya, Gregory Koukl. #intwit

49.Dalam sebuah interview radio tentang pluralism ia mengatakan, #intwit

50.�saya rasa konsep pluralisme agama masa kini adalah bodoh (stupid)� #intwit

51.Konsep bodohnya adalah ide bahwa semua agama pada dasarnya sama-sama benar.� #intwit

52.Dalam bahasa informal America ia katakan, That is just flat out stupid. #intwit

53.John Carroll, uskup pertama Baltimore menyatakan, #intwit

54. dengan pluralisme gereja Katholik di Amerika dapat dua keuntungan, dari jusifikasi politik dan teologis. #intwit

55.Tapi pada saat yang sama juga mendapat tantangan dari situasi sosial yang pluralistis. #intwit

56.Di satu sisi dituntut toleransi sipil atau sosial, di sisi lain intoleransi teologis. #intwit

57.Jika gagal dalam hal ini taruhannya Katholik menjadi tidak laku di pasaran. #intwit

58.Di sisi lain Caroll khawatir akan ada persaingan antara kelompok agama dan ini tentu membahayakan kehidupan sipil. #intwit

59.Para peneliti sosiologi agama juga membuktikan kekhawatiran para petinggi gereja. #intwit

60.Para peneliti menemukan bahwa pluralism agama melemahkan keterlibatan masyarakat dalam agama. #intwit

61.Bagi Finke dan Stark (1988) dengan pluralisme monopoli keagamaan menjadi �malas� #intwit

62.alias tidak semangat dan diganti dengan meningkatnya kompetisi antaragama agar sesuai dengan kebutuhan. #intwit

63.Ketika negara atau lembaga publik tidak lagi mengobarkan kebaikan suatu agama, #intwit

64.maka pemeluk agama-agama itu akan kehilangan kualitas atau intensitas keimanan atau kepercayaan pada agamanya. #intwit

65.Di situ keterlibatan masyarakat pada agama menjadi turun. Semakin pluralis seseorang, semakin rendah semangatnya pergi ke gereja. #intwit

66.Sensus di Kanada oleh Olson&Hadaway ('98)m'buktitkan:pluralisme m'gerogoti smangt msyarakat dlm kgiatn kagamaan di Amerika Utara.#intwit

67.Pendekatan kognitif Berger malah lebih jelas bahwa dengan pluralisme agama individu menjadi sulit mengimani agama tertentu. #intwit

68.Stark&Bainbridge('87)jg m'catat,ktika seorang b'beda p'dapat tntang(ajaran)suatu agama,maka salah satunya akn bkurang keimananny.#intwit

69.Kesimpulan Joseph M. Mcshane, S.J., Dosen religious studies di LeMoyne College in Syracuse, New York menarik dicermati. #intwit

70.Dalam 200 tahun gereja-gereja Amerika menikmati �karunia� pluralisme, #intwit

71.tapi 40 tahun terakhir, gereja akhirnya harus menanggung efek pluralism yang merusak. #intwit

72.Kini beda antara penganut Katholik dan orang Amerika biasa telah hilang. #intwit

73.Di negeri ini �dagangan� pluralisme laris manis di pasar cendekiawan Muslim. #intwit

74.Disertasi, workshop, LSM, seminar, jurnal mendukung penuh paham pluralisme, teologis atau sosiologis. #intwit

75.Bahkan di negeri para pluralis membuka surga bagi semua agama. #intwit

76.Di suatu saat nanti mungkin menjelang ajal seorang kiai boleh dibaptis, dan setelah dimakamkan seorang pendeta boleh ditalqin, #intwit

77.agar di alam sana bisa memilih surga masing-masing yang �plural� itu. Wallahu a�lam #intwit

78.Terimakasih semoga bermanfaat #intwit
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

English French German Spain Russian Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : Tim Media Pemuda PUI
Copyright © 2014. PEMUDA PUI - All Rights Reserved