Headlines News :
Home » » Pernyataan Sikap Pemuda PUI Tentang Pilpres RI Tahun 2014

Pernyataan Sikap Pemuda PUI Tentang Pilpres RI Tahun 2014

Written By Unknown on Jumat, 26 Desember 2014 | 03.40

PERNYATAAN SIKAP
PEMUDA PERSATUAN UMMAT ISLAM (PEMUDA PUI)
TENTANG
PEMILIHAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2014
بسم الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
  1. Kita patut bersyukur kepada Allah S.w.t yang, berkat rahmat dan karunia-Nya, pemilihan anggota legislatif telah selesai dilaksanakan melalui Pemilihan Umum 2014 yang aman, umum, bebas, dan rahasia. Kita menyadari, mutu Pemilu Legislatif 2014 memang masih sangat jauh dari bentuk demokrasi ideal karena Undang-Undang Pemilu masih membuka peluang bagi terjadinya kecurangan dan politik uang yang begitu masif. Segera setelah ini kita harus bersama-sama berkomitmen untuk mengishlahnya demi peningkatan mutu Pemilu di masa-masa mendatang.
  2. Al-Qur'an, di surat al-Qashas (28) ayat 26, telah menetapkan dua karakter utama seorang pemimpin terbaik, yaitu kuat dan amanah (al-qawiyy al-amin). Rasulullah S.a.w bersabda: "Seorang mukmin yang kuat lebih baik dari mukmin yang lemah." Ciri-ciri "kuat" antara lain: Sehat lahir batin, berpengetahuan dan berwawasan luas, berani, tegas, mahir, cerdik, kreatif, inovatif, rajin, bersemangat, bermotivasi, berdisiplin, bersungguh-sungguh, dan kokoh secara ekonomi. Sedangkan ciri-ciri "amanah" antara lain: ikhlas, berbuat benar dan jujur, berintegritas, berwibawa, akuntabel, menepati janji, berakhlak mulia, rajin bersilaturahim, terampil berkomunikasi, bekerjasama, berbudi bahasa, menghargai jasa orang lain, banyak bersabar, tenang, berprasangka baik, dan berkepribadian mulia.
  3. Sebagaimana telah diputuskan oleh Komisi Pemilihan Umum, saat ini kita hanya memiliki dua pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, yaitu pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa dengan nomor urut 1, serta pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dengan nomor urut 2. Kedua pasangan merupakan kader pemimpin bangsa terseleksi. Setelah kami melakukan pengkajian mendalam atas jejak ucapan maupun perbuatan kedua pasangan capres dan cawapres tersebut selama ini, dan kami mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan, maka kami Pimpinan Pusat Pemuda Persatuan Ummat Islam (PEMUDA PUI) berpendapat, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa merupakan pemimpin yang lebih mendekati kriteria kepemimpinan menurut al-Qur'an tadi ketimbang pasangan lainnya.
  4. Atas dasar pertimbangan di atas, serta memperhatikan fakta mayoritas pemimpin organisasi Islam maupun partai Islam telah sepakat untuk mendukung dan memilih pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa, maka dengan bertawakkal kepada Allah dan memohon ridha-Nya, kami pun berijtihad memutuskan untuk mendukung dan memilih pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa. Bagi kami, konsensus besar dari mayoritas pemimpin Islam itu merupakan wujud persatuan ummat Islam yang sejak lama menjadi cita-cita para pendiri PUI, namun baru kali ini terjadi dalam sejarah Indonesia merdeka.
  5. Dengan karakter kuat dan amanah, serta dukungan mayoritas kaum muslimin, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa kami yakini mampu membawa bangsa dapat menghadapi, mengatasi dan menyelesaikan tantangan-tantangan berat yang kita hadapi saat ini dan mendatang. Di antaranya, tiga tantangan utama: kemiskinan dan kesenjangan sosial, keterbelakangan pendidikan, serta perselisihan, pertikaian dan perpecahan. Masalah dan tantangan lain yang tak kalah penting, antara lain, korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan, kerusakan lingkungan hidup, pengelolaan sumber daya alam, kemandirian bangsa, dekadensi moral dan kemerosotan akhlak yang masif di semua lapisan masyarakat.
  6. Kami menginstruksikan kepada seluruh kader, simpatisan dan pengurus Pemuda PUI, serta mengajak umat Islam pada umumnya, agar pada saat pemilihan mendatang, hendaknya memantapkan diri serta mengajak keluarga dan masyarakat, untuk tidak ragu-ragu memilih pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa.
  7. Kita hendaknya bersungguh-sungguh, berusaha keras, dan menggunakan segenap daya upaya untuk memenangkan capres-cawapres pilihan kita pada Pemilihan Presiden 2014. Agar pemilihan Presiden dan Wakil Presiden lebih berkualitas, berintegritas dan damai, kita hendaknya terlibat, setidaknya dengan bersedia ikut menjaga dan terus waspada agar tak terjadi kecurangan pada tahap-tahap pemilihan. Jika terlibat dalam kampanye, kami menghimbau agar itu dijalankan dengan santun dan beretika, tidak menggunakan kampanye hitam atau isu SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan).
  8. Kami berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berikut aparat mereka seluruhnya agar bekerja sesuai ketentuan peraturan demi terselenggaranya Pemilu yang berkualitas, berintegritas dan damai. Kami pun berharap media massa, dalam pemberitaannya, agar menaati kode etik jurnalistik, menjalankan jurnalisme cinta dan berimbang, sekaligus mencerdaskan dan tidak menyesatkan publik.
  9. Selanjutnya, marilah kita berdoa agar Allah S.w.t meridhai segenap ijtihad dan usaha kita, serta melancarkan proses pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang berlangsung di bulan suci Ramadhan ini, sehingga terpilihlah pemimpin yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Semoga ijtihad kita benar di sisi-Nya, sehingga kita berhak mendapatkan pahala berlimpah dari-Nya.
  10. Pada akhirnya, saat Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2014–2019 telah terpilih, siapa pun dia, kemudian dilantik pada Oktober 2014, marilah kita memberikan dukungan dan loyalitas kita kepadanya. Segala perbedaan pendapat dan pilihan politik hendaknya dihentikan seketika. Kita pun hendaknya tetap selalu menjaga ukhuwah dalam perbedaan demi persatuan ummat dan bangsa. Sebab, pada hakekatnya kita adalah bagian tak terpisahkan dari bangsa kita yang satu sama lain terikat oleh tali persaudaraan, persatuan, dan kesamaan harapan dan cita-cita:
    baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur
    izzul Islam wal muslimin
Jakarta, 2 Sya'ban 1435 H / 1 Juni 2014 M
Pengurus Pusat Pemuda Persatuan Ummat Islam

(PEMUDA PUI)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

English French German Spain Russian Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : Tim Media Pemuda PUI
Copyright © 2014. PEMUDA PUI - All Rights Reserved